Khasiat Dan Efek Samping Buah Alpukat

Nama Alpukat atau avokado dari bahasa inggris yaitu “avocado” yang berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl. Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Orang yang pertamakali memperkenalkan buah alpukat kepada penduduk Eropa yaitu Martin Fernandez De Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol. Alpukat di perkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada abad ke-19. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat,khususnya daerah daratan tinggi.

Dalam dunia farmasi,daun alpukat sejak lama dijadikan ramuan herbal untuk mengobati kencing batu, nyeri pada syaraf dan lambung , sakit kepala dan darah tinggi pemebengkakan saluran nafas dan haid yang tidak teratur . Sementara bagian biji yang kerap di jadikan pewarna pakaian juga bisa di racik sebagai obat sakit gigi dan diabetes.

Berikut hasil dari banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan menghadirkan Khasiat Buah Alpukat bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah Alpukat memiliki kandungan lutein yang terbanyak jika di bandingkan dengan buah-buahan lainnya. Manfaat Buah Alpukat dengan kandungan lutein yang dimilikinya dalah menjaga kesehatan pada penglihatan. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kadar lutein yang tinggi juga memperkecil resiko yang berkelainan yang sering terjadi pada mata khususnya degenerasi katarak dan makula.

2. Menurunkan Korestrol

Khasiat Buah Alpukat adalah menurunkan korestrol. Kadar korestrol jahat dapat mengakibatkan timbulnya ragam penyakit berbahaya. Dengan menurunkannya kadar korestrol jahat setidaknya penyakit juga dapat dicegah.

3. Menghambat Pertumbuhan Terhadap Sel Kanker

Buah Alpukat memiliki beberapa senyawa yang memiliki kemampuan untuk memperhambat pertumbuhan sel kanker dan mencari sel kanker yang baru timbul kemudian menghancurkannya begitu menemukannya. Uniknya lagi tidak dampak pada sel sel kesehatan yang lain.

4. Mencegah Stroke

Kandungan folate yang tinggi pada Alpukat juga mencegah stroke. Orang yang banyak makan folat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah dari pada yang tidak.

5. Tekanan Darah

Buah alpukat diketahui bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena adanya zat fotasium yang terdapat di dalam buah alpukat.

6. Mencegah Jantung

Satu cangkir alpikat mengandung 23% dari nilai asupan asam folate yang di anjurkan. Beberapa studi menunjukan bahwa orang yang banyak makan folate mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah dari pada yang tidak. Vitamin E, lemak tidak jenuh glutathione pada alpukat juga sangat baik untuk jantung anda.

Kelezatan Buah Alpukat sudah dikenal sejak dulu kala. Banyak orang yang menyukai buah dengan warna hijau dan tekstur daging yang lembut ini banyak manfaatnya. Walau demikian, kita juga harus mewaspadai efek samping dari zat zat yang terkandung dalam alpukat. Karena memakan alpukat berlebihan bisa mengakibatkan efek samping,seperti berikut ini :

1. Menyebabkan Keusakan Liver

Setelah melakukan penelitian terhadap minyak alpukat denagn jenis tertentu, ternyata didalamnya terdapat kandungan anethole dan estragole. Kedua unsur tersebut terdapat di dalam alpukat Meksiko. Bagi gangguan hati atau liver, sebaiknya menghindari konsumsi alpukat jenis ini. Hal ini untu mencegah terjadinya kerusakan liver akibat mengkonsumsi alpukat berlebihan.

2. Mengurangi Korestrol

Di dalam tubuh kita terdapat korestol jahat dan dan juga korestrol baik. Kandungan buah alpukat banyak di manfaatkan sebagai penurun korestrol jahat,sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sayangnya konsumsi alpukat terlalu banyak juga bisa menurunkan kadar korestrol baik yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Kandungan beta-etasitosterol dalam alpukat dapat mengikat senyawa korestrol baik didalam tubuh.

3. Menyebabkan Alergi Mulut

Jika alpukat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka dapat menyebabkan alergi mulut. Gejala alergi dapat berupa gatal dimulut dan pembengkakan di lidah.

4. Alergi Kulit

Selain alergi yang di timbulkan di rongga mulut, konsumsi alpukat berlebihan dapat menyebabkan alergi pada kulit. Gejala yang sering ditimbulkan akibat terlalu banyak konsumsi alpukat berlebihan adalah gatal gatal pada kulit. Bahkan beberapa mengalami pemerahan di bagian kulit . Oleh karenanya, konsumsi alpukat seharusnya dalam dalam jumlah wajar saja tidak berlebihan.Meskipun Alpukat dapat menimbulkan efek samping yang buruk untuk kesehatan tubuh,namun kandungan di dalam buah alpukat juga banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Asalkan konsumsi alpukat masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

Baca selanjutnya halaman berikut Khasiat Walatra G-Sea

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.