Cara Mencegah Hepatitis B

Cara mencegah hepatitis b,-Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati. 

Untungnya, penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin atau imunisasi. Namun perlu diingat, bahwa vaksin hanya mencegah, tidak dapat mengobati dan membunuh virus yang telah ada dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengetahui penyebab dan mencegahnya adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan. Bagi yang sudah terlanjur terinfeksi virus hepatitis, lakukanlah tindakan pencegahan agar tidak menularkannya kepada orang lain. Kami merekomendasikan Obat Herbal Hepatitis B paling Ampuh Tanpa Efek Samping 

Cara Mencegah Hepatitis B

Ada beberapa cara yang anda dapat lakukan untuk melindungi diri dari virus penyebab hepatitis B. Cara pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Pemberian Vaksin Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B adalah cara yang paling tepat untuk mencegah infeksi dari virus. Vaksin ini efektif hingga 95% terhadap virus hepatitis B, apabila anda rutin melakukan vaksi (3 atau4 kali suntik sesuai jadwal). Vaksin tersebut mamberikan perlindungan terhadap infeksi,kurang lebih selama 20 tahun. Vaksin kombinasi untuk hepatitis A dan B juga tersedia. Vaksinasi direkomendasikan untuk sebagian orang tertentu yang beresiko tinggi, diantaranya, petugas kesehatan, orang yang suka berganti-ganti pasangan, dan orang yang memiliki penyakit tertentu.

Selalu berkonsultasi dengan dokter terkait pemberian vaksin hepatitis B meskipun Anda bukan termasuk orang yang berisiko tinggi. Hal ini penting, karena sekitar 15 dari 100 orang yang terinfeksi tidak mengetahui secara pasti kenapa mereka sampai terinfeksi virus hepatitis B.

Pada sebagain kasus, dokter melakukan tes postvaksinasi untuk memastikan bahwa vaksinasi telah berhasil yang ditandai dengan terbentuknya kekebalan terhadap virus. Orang-orang yang membutuhkan tes ini diantaranya adalah mereka yang memiliki sistem imun lemah, petugas kesehatan, dan memiliki pasangan penderita hepatitis B kronis.

Jika Anda terpapar virus penyebab hepatitis B sebelum semua proses vaksinasi selesai (belum sampai 3 kali suntikan vaksin), maka Anda akan diberi imunoglobulin hepatitis B (HBIG). Dalam beberapa kasus, hal ini akan mampu mencegah infeksi.

Jika Anda pernah berhubungan intim dengan seseorang yang menderita hepatitis B dan Anda belum menerima semua proses vaksinisasi, maka Anda akan diberi suntikan HBIG sebagai terapi tambahan yang berlangsung selama 14 hari setelah terpapar virus.

  • Tidak Menyebarkan Pada Orang Lain

Langkah yang tepat untuk menhurangi penyebaran virus penyebab hepatitis B adalah dengan tidak menularkannya pada orang lain. Dengan tidak berbagi sikat gigi, pisau cukur merupakan langkah awal yang dapat anda lakukan untuk membantu mencegahnya. 

  • Gunakan Kondom Saat Berhubungan 

Penggunaan alat kontrasepsi, seperti kondom pada saat melakukan hubungan intim dapat membantu anda mencegah tertular penyakit hepatitis B dari pasangan anda. Terkhusus ketika anda tidak tahu persis status pasangan anda apakah penderita hepatitis B atau bukan.

  • Jangan Berbagi Jarum Suntik

Hindari pengunaan jarum suntik secara bergantian dan pastikan jarum suntik yang digunakan steril dari virus penyebab hepatitis B sehingga anda terhindar dari penyakit hepatitis B.

  • Pakai Sarung Tangan 

Bagi anda petugas kesehatan yang sering terpapar darah atau yang berhubungan dengan hal tersebut, pastikan lindungi tubuh Anda dengan menggunakan sarung tangan karet atau plastik jika Anda harus menyentuh darah.

  • Jangan Berbagi Sikat Gigi atau Pisau Cukur

Untuk menghindari penularan penyakit hepatitis B melalui alat mandi, pastikan Anda tidak berbagi sikat gigi atau pisau cukur. Namun, apabila Anda lupa membawa alat tersebut, sebaiknya membeli yang baru agar lebih terjamin kebersihannya.
 Jadi, tunggu apa lagi? Lakukan pencegahannya mulai dari sekarang. Dengan menghindari penyebab hepatitis B, mengonsumsi Obat Herbal Hepatitis Paling Ampuh Tanpa Efek Samping. Diharapkan populasi penderita penyakit tersebut dapat menurunkan dan Indonesia bebas dari penyakit hepatitis B.
Artikel Lainnya :

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.