Khasiat Daun Sirsak

Daun Sirsak merupakan dari buah sirsak “Annona Muriccata Linn”. Terdapat segudang manfaat daun sirsak,ciri-cirinya bentuknya bulat panjang dengan ujungnya berbentuk lancip pendek. Daun sirsak memiliki tekstur yang tebal dan agak kaku dengan urat daun menyirip atau tegak pada daun utama. Permukaan atas daun teksturnya halus dan berwarna hijau lebih tua dibandingkan permukaan daun bagian bawah. Letak daunnya berhadapan dan rimbun sehingga menyerupai perdu. Saat masih muda, daun sirsak berwarna hijau kekuningan dan saat sudah tua berwarna hijau tua. Daun sirsak memiliki bau yang kurang enak dicium, meskipun daunnya tidak enak banyak sekali manfaat daun sirsak yang kita bisa peroleh.

Berikut adalah manfaat dari daun sirsak yang baik bagi kesehatan tubuh anda, yaitu:

1. Mengatasi Asam Urat

Asam Urat merupakan salh satu penyakit yang kerap datang kepada orang-orang yang berusia lanjut, salh satunya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin dalm olahan berbahan melinjo. Oleh karena itu anda dapat memanfaatkan daun sirsak sebagai cara untuk mengatasi asam urat ini. Caranya yaitu dengan membuat rebusan dari daun sirsak,kemudian rebus hingga air dalam rebusan tersebut terlihat berkurang. Minumlah selagi air masih hangat.

2. Penurunan Kolestrol

Kolestrol yang memiliki kandungan lemak jahat yang menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga penebalan dan penyumbatan ini akan membuat penebalan pada dinding arteri yang nantiny akan mengakibatkan tekanan darah tinggi serta mengakibatkan jantung koroner. Daun sirsak memiliki kandungan anti hyperlipi demia akan membantu dalam menurunkan kadar lemak jahat tersebut sehingga dapat menetralisirnya .

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun sirsak diperoleh dari kandungan zinc yang membantu meningkatkan sistem imum dalam tubuh. Selain itu senyawa antioksidan mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme yang bisa mengakibatkan adanya penyakit seperti flu dan demam.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Daun sirsak mengandung etil asetat yang funsinya untuk mempercepat penyembuhan pada area kulit,selain itu terdapat kandungan antioksidan didalamnya.

5. Sebagai Obat Wasir

Wasir adalah penyakit yang mengakibatkan pembengkakan pada area anu,dan jika wasir ini semakin parah maka mampu mengakibatkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya,bahkan mungkin mampu mengeluarkan darah. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang mampu menghentikan terjadinya pendarahan pada anus sehingga otot di bagian tersebut lebih rileks dari sebelumnya dan mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi.

6. Sebagai Obat Maag

Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang biasa ditemukan pada kondisi tubuh yang kurang menjaga waktu makannya secara teratur. Pola makan yang tidak teratur ini adalah salah satu penyebab utamanya, disamping karena adanya infeksi pada saluran pencernaan. Bila hal ini tidak segera ditangani dengan baik maka dikhawatirkan dapat berakibat menjadi penyakit maag yang lebih kronis dibanding sebelumnya. Daun sirsak ini akan menjadi anti peradangan yang dapat mengatasi gejala pada penyakit maag, hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung senyawa anti ulceritis yang akan menghambat produksi asam lambung serta akan bekerja melindungi bagian dalam dinding lambuh, sekaligus membunuh bakteri yang ada di dalamnya.

7. Mencegah Diabetes

Dalam kondisi diabetes biasanya metabolisme yang ada dalam tubuh akan berkurang akibat kadar gula darah yang tak terkontrol dengan cukup baik. Kadar gula yang tinggi akan meyebabkan kerusakan pada sel – sel maupun jaringan dalam tubuh. Biasanya hal ini dapat terjadi kerana beberapa faktor, diantaranya karena faktor genetik atau keturunan, kerusakan hormom insulin, maupun akibat pola hidup kurang sehat.Pada penderita penyakit diabetes, kinerja insulin ini dirasa kurang optimal sehingga fungsinya dalam mengontrol kadar gula darah menjadi tidak seimbang. Daun sirsak sendiri mengandung metanolik yang bekerja dalam pankreas supaya membantu menghasilkan insulin untuk semakin menyeimbangkan kadar gula darah.

8. Mencegah Dan Mengobati Kanker

Tentang khasiat daun sirsak untuk mengobati kanker masih dalam perdebatan panjang, dimana pada ummnya kanker merupakan penyakit yang sampai saat ini masih sangat sulit disembuhkan. Dimana banyak penderita kanker dan keluarganya banyak yang mencoba metode pengobatan dengan herbal dan tumbuhan, yang salah satunya adalah daun sirsak. Dari penelitian medis, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirsak. Dimana sudah cukup umum diketahui bahwasanya kandungan antidioksidan dapat diandalkan untuk melawan masalah penyakit kanker. Dan, penelitian lebih lanjut tenang daun sirsak, masih terus-menerus dikembangkan oleh para ahli.Berdasarkan penelitian, daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel-sel kanker, dimana zat proaktif mampu memilih untuk membunuh sel-sel yang berbahaya, dan membiarkan (tidak membunuh) sel-sel yang sehat. Sehingga khasiat daun sirsak ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan metode kemoterapi dalam pengobatan kanker.

Baca selanjutnya halaman berikut Khasiat Walatra G-Sea

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.