Macam Macam Kolesterol

Macam macam kolesterol,- Kalau mendengar kata “kolesterol” pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebagian besar dari kita menganggap bahwa kolesterol itu berhubungan erat dengan suatu penyakit, makanan, berat badan, usia dan lain sebagainya. Kita menganggap bahwa kolesterol harus kita hindari.

Tahukah Anda, sebenarnya kolesterol itu ada yang berbahaya dan ada juga kolesterol baik. Namun sebelum kita membahas tentang apa saja jenis kolesterol, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari kolesterol itu sendiri. Kolesterol adalah zat lembut atau lemak lunak yang berlilin dan terdapat hampir di setiap bagian tubuh kita, baik di dalam saraf, kulit, otot, usus, hati, dan juga di jantung.

Nah, tahukah Anda bahwa tubuh kita bisa memproduksi kolesterol sendiri setiap harinya sebanyak 800 mg? Hati merupakan bagian tubuh yang dapat menghasilkan kolesterol. Selain itu kolesterol juga dapat dihasilkan dari daging maupun makanan yang mengandung lemak seperti gorengan,susu, kuning telur, seafood, dan lain-lain.

Macam-macam Kolesterol

Selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja macam-macam kolesterol itu. Lebih jelasnya, perhatikan pembahasan di bawah ini:

  •  Low Dinsity Lipoprotein (LDL)

Low Dinsity Lipoprotein (LDL) sering disebut sebagai jenis kolesterol jahat. Karena kadar kolesterol LDL memiliki peranan dalam penumpukan plak sehingga menebal, bisa menyumbat arteri sebab terjadinya tumpukan lemak yang keras, dan mengurangi fleksibelitas dari pembuluh darah. Apabila di dalam blok arteri terjadi gumpalan atau penyempitan bisa mengakibatkan penyakit stroke atau serangan jantung mendadak.

  •  High Dinsity Lipoprotein (HDL)

High Dinsity Lipoprotein (HDL) merupakan jenis kolesterol baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya itu saja, jenis kolesterol satu ini juga bisa digunakan untuk menghancurkan kolesterol LDL di arteri. Cara kerja kolesterol HDL yaitu membawa kolesterol LDL yang ada di hati menujuke hati untuk dihancurkan. Apabila kadar kolesterol HDL pada tubuh kita tinggi bisa mencegah seseorang dari penyakit jantung serta stroke. Tetapi jika kadar kolesterol HDL di tubuh kita rendah, bisa berakibat fatal sebab hal itu memudahkan penyakit jantung dan stroke menyerang tubuh kita.

  • Very Low Density Lipoprotein (VLDL)

Selain HDL dan LDL, jenis kolesterol lain yang penting untuk diketahui adalah jenis kolesterol VLDL (Very Low Density Lipoprotein) atau Trigliserida, yaitu satu jenis lemak yang terdapat dalam darah dan berbagai organ dalam tubuh. VLDL adalah kolesterol yang memiliki jumlah trigliserida paling banyak daripada protein dan kolesterol, jenis ini sifatnya seperti kolesterol LDL namun sebagian besar penyusunnya adalah trigliserida.

  • Trigliserida

Trigliserida adalah jenis terakhir dari kolesterol atau lemak yang terdapat di dalam darah. Trigliserida sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan di akhir prosesnya, trigliserida akan dirubah menjadi energi. Apabila tingkat trigliserida tinggi bisa menaikkan resiko terkena serangan jantung dan stroke, hal ini disebabkan oleh merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, kurangnya olah raga, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, serta bisa juga ditimbulkan dari faktor genetik.

Post

Terimakasih telah berkunjung, semoga adanya artikel ini bisa membantu bagi anda khususnya yang menderita kolesterol tinggi. Salam sehat !!

Macam Macam Kolesterol

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.